Jumat, 11 Januari 2013

ZELIO SOFT, Kenalan yuk ama software pemrograman Zelio Smart Relay ini


BEKERJA DENGAN SOFTWARE ZELIO SOFT
1.      Memulai Program Zelio Soft 2
Seperti ketika bekerja dengan software lain pada umumnya, kita bisa memulai dengan mengakses software melalui sortcut yang terdapat pada desktop. Dalam penggunaan software kali ini tentu kita harus memilih sortcut dari software Zelio Soft  atau dengan mengakses melalui Start → All Program → Zelio Soft 2.
 Gambar 1. Tampilan awal software Zelio Soft 2
Keterangan gambar 1:
Create new program                            :   Membuat program (lembar kerja) baru
Open an existing program                    :   Membuat program (lembar kerja) baru
Open a recently used program             :   Membuka sebuah program yang dibuka sebelumnya
Download a program from a module   :   Mengambil program dari PLC Zelio ke PC
Monitoring Mode                                  :   Mode monitor
Exit                                                       :   Keluar dari program software
No Longer display this dialog box      :  Apabila kita isi check listnya maka jendela “Welcome” pada software Zelio Soft 2 akan tertutup dan pada saat membuka software dikesempatan berikutnya jendela ini juga tidak akan ditampilkan.


Untuk membuka sebuah lembar kerja baru kita bisa memilih pada pilihan “Create new program” atau melalui New pada File di toolbar atau melalui logo New  pada toolbar. Setelah kita memilih untuk membuat program baru maka akan muncul jendela untuk memilih jenis PLC Zelio yang akan digunakan.
 Gambar 2. Jendela untuk memilih jenis PLC Zelio yang akan diprogram

Pertama kita harus memilih jenis PLC yang akan kita gunakan. Jenis-jenis PLC yang dapat diprogram melalui software Zelio Soft 2 antara lain:
1)      10/12_I/O_WITHOUT_EXTENSION
2)      10/12_I/O_WITHOUT_SCREEN_WITHOUT_EXTENSION
3)      20_I/O_WITHOUT_EXTENSION
4)      20_I/O_WITHOUT_SCREEN_WITHOUT_EXTENSION
5)      10_I/O_WITH_EXTENSIONS
6)      26_I/O_WITH_EXTENSIONS


Misalnya Kita hendak memilih jenis PLC Zelio Jenis 10_I/O_WITH_EXTENSIONS kita pilih dengan mengklik pada kolom jenis PLC tersebut (5) hingga kolom tersebut berubah menjadi kuning, kemudian lanjutkan dengan dengan memilih karakteristik dari jenis PLC tersebut.

Gambar 3. Jendela untuk memilih karakteristik PLC Zelio yang telah dipilih

Setelah kita memilih PLC dengan jenis 10_I/O_WITH_EXTENSIONS maka akan muncul 4 buah jenis PLC Zelio 10_I/O_WITH_EXTENSIONS. Misanya karakteristik pada no. 1 adalah sebagai berikut:
Power Supply                                       : 24 DC
Discreet Input                                       : 2 Buah
Mixed Discreet / Analog input               : 4 buah
Discreet Output                                    : 4 buah
Screen (LCD) dan Keyboard               : Tersedia
Clock (jam)                                          : Tersedia
Language (Bahasa Program)                 : Ladder Diagram (LD) dan Function Block Diagram (FBD)
Misalnya kita memilih jenis PLC Zelio 10_I/O_WITH_EXTENSIONS dengan karakteristik seperti pada contoh karakteristik diatas maka letakkan kursor pada baris paling atas (1), selanjutnya klik Next (5) atau dengan menekan huruf N pada keyboard PC/laptop kita atau dengan cara melakukan double click pada baris tersebut (1). Untuk membatalkan proses pada jendela ini tekan Cancel (6) dan untuk mengakses bantuan pilih Help (7).
Pemilihan jenis dan karakteristik PLC harus kita sesuaikan dengan jenis PLC yang kita miliki atau dengan kebutuhan input-output program yang kita buat. Dalam tutorial ini penulis memilih menggunakan jenis PLC Zelio 10_I/O_WITH_EXTENSIONS dengan karakteristik seperti pada contoh karakteristik diatas. Pemilihan jenis PLC tersebut dikarenakan PLC tersebut memiliki karakteristik yang cukup lengkap untuk proses belajar, seperti tersedianya jenis input Discreet & analog, Tersedianya LCD, Clock, dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa LD dan FBD.
 Gambar 4. Jendela informasi dan penambahan perangkat external


Setelah kita pilih PLC Zelio 10_I/O_WITH_EXTENSIONS dengan karakteristik seperti pada contoh karakteristik diatas maka akan muncul jendela seperti pada gambar 4. Pada jendela tersebut diberikan informasi tentang karakteristik PLC yang kita pilih (1). Pada bagian “Select extentions” (2) adalah jenis-jenis perangkat input-output external atau perangkat komunikasi external yang bisa ditambahkan. Untuk menambahkan perangkat external yang kita inginkan pilih salah satu perangkat external kemudian klik Add atau dengan melakukan double click pada perangkat external tersebut. Perangkat yang sudah ditambahkan akan ditampilkan pada tabel “Selected extentions” (4). PLC Zelio hanya mampu ditambahkan 1 buah perangkat external. Perangkat external harus dilengkapi dengan power supply tersendiri. Untuk kembali ke jendela sebelumnya pilih Back (5), Untuk melanjutkan pilin Next (6), untuk membatalkan pilih Cancel (7) dan untuk mengakses bantuan pilih Help (8).
Selanjutnya akan muncul jendela untuk memilih bahasa pemrograman seperti pada gambar 5. Pada jendela tersebut akan ditampilkan karakteristik PLC yang dipilih (1), perangkat external yang ditambahkan (2), dan pilihan bahasa pemrograman yang akan digunaan (3). Pada Zelio Soft 2 terdapat 2 bahasa pemrograman yang dapat digunakan yaitu bahada Ladder Diagram (LD) yang merupakan bahasa pemrograman standart PLC dan bahasa pemrograman Function Block Diagram (FBD).
Tidak semua Jenis PLC Zelio dapat deprogram melalui FBD, beberapa jenis PLC Zelio hanya dapat deprogram melalui LD. Beberapa jenis PLC Zelio yang hanya dapat deprogram melalui LD antara lain SR2 A101BD, SR2 A101FU, SR2 A201BD, SR2 A201FU, SR2D101BD, SR2 D101FU, SR2 D201BD, dan SR2 D201FU. Apabila kita memilih PLC tersebut maka jendela pemilihan bahasa pemrograman seperti gambar 5 tidak aan muncul atau dilewati.
Dalam tutorial ini pembaca akan diajak mempelajari bahasa pemrograman Ladder Diagram terlebih dahulu. Untuk memilih bahasa  bahasa pemrograman Ladder Diagram pilih gambar Ladder (4) dengan melkukan double click atau pilih Next (5). 
 Gambar 5. Jendela pemilihan bahasa pemrograman


1.      Pemrograman PLC Zelio menggunakan bahasa Ladder Diagram dengan Software Zelio Soft 2
Seperti PLC lain pada umumnya Zelio Logic dapat deprogram melaluai bahasa Ladder Diagram. Pada PLC Zelio kita dapat membuat Ladder Diagram dengan metode pemrograman pada Screen & Keyboard atau melalui software Zelio Soft 2. Pemrograman melalui Screen & Keyboard dapat dilakukan secara langsung pada PLC Zelio yang dilengkapi dengan fitur Screen & Keyboard dan dapa juga dilakukan melalui software Zelio Soft 2. Sehingga dengan menggunakan software Zelio Soft 2 kita juga dapat belajar melalui simulasi cara memprogram PLC Zelio dengan metode Screen & Keyboard.
Sebelumnya kita telah membuat lembar kerja Ladder Diagram pada software Zelio Soft 2 seperti pada gambar 6. Supaya pembaca dapat belajar pemrograman dengan bahasa ladder dengan baik pada software Zelio Soft 2, sebaiknya pembaca mengenal komponen-komponen yang terdapat pada software beserta dengan fungsinya.
 Gambar 6. Lembar menu software Zelio Soft 2

Area kerja atau lembar kerja Zelio Soft 2 diperlihatkan pada gambar 7. Bagian ini digunakan untuk menuliskan program yang berupa bahasa ladder diagram.
 Gambar 7. Aera kerja Zelio Soft 2

Pada bagian bawah dari lembar kerja kita akan menemukan toolbar yang berisi komponen-komponen yang digunakan dalam membuat sebuah program yang nantinya akan diletakkan pada lembar kerja. Bagian-bagian toolbar akan diperlihatkan pada gambar dibawah ini.
 Gambar 8. Toolbar komponen pada software Zelio Soft 2
Keterangan   komponen-komponen pada toolbar :


1)      Input   
2)      Front Panel Button    
3)      Auxiliary relay M
4)      Output
5)      Timer  
6)      Counter
7)      Counter Comparator 
8)      Analog Comparator
9)      Weekly Clock  
10)  Display
11)  Backlighting   
12) Daylight Saving Summer/Winte


Semoga bermanfaat,
Salam Zelio.....

6 komentar:

  1. permisi gan, saya mau tanya ,,
    gan tolong jelasin tentang setiap fungsi icon pada zelio ya ..
    soalnya saya masih belum mengerti tentang kegunaannya..
    terima kasih atas perhatiannya..

    BalasHapus
  2. mohon info , cara transfer program pc k module

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di menu transfer bukan?

      Hapus
    2. izin menambahkan mas...
      Transfer program dari zelio ke PC menggunakan kabel data SR2USB01 dari schnieder. setelah di koneksikan ke pc di set virtual portnya sesuai software yang digunakan. setelah terkoneksi langsung transfer saja (Bisa download dari modul atau mengirim ke modul). Trimakasih mas info diatas. sangat menarik

      Hapus